Tugas ke-6 MPS: PERUMUSAN MASALAH PENELITIAN

Sasaran Praktikum:

  1. Agar mahasiswa mengetahui dan memahami mengenai “rumusan masalah penelitian”;
  2. Agar mahasiswa mengetahui dan memahami landasan yang diperlukan untuk dan proses merumuskan masalah penelitian; dan
  3. Agar mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian dengan baik, benar, dan jelas

Tujuan Praktikum:

  1. Menganalisis dan membahas “rumusan masalah penelitian”;
  2. Merumuskan masalah penelitian: “latar belakang”; “perumusan masalah”; dan “tujuan penelitian”.
  3. Menelaah dan mengomentari secara tertulis “rumusan masalah penelitian”

Proses Praktikum

Persiapan

  1. Kelompok Kecil (KK) mahasiswa menganalisis “rumusan masalah” (latar belakang; perumusan masalahah; dan tujuan penelitian) dari tulisan skripsi dan thesis sesuai dengan thema yang telah ditetapkan antara lain: “Komunikasi”; “Perubahan Sosial”; “Gender”; “Pengembangan Masyarakat dan CSR; dan “Ekologi Manusia”dengan bahan bacaan yang telah disiapkan (BAHAN BACAAN BISA DIPEROLEH DI DOKIS).
  2. Analisis “rumusan masalah” meliputi: (1) apa alasan-alasan normatif dan kebijakan (regulasi); empiris dari berbagai sumber data sekunder; dan konsep atau teori yang menunjukkan suatu kecenderungan, perbedaan, pertentangan, dan perdebatan yang dipaparkan dalam “latar belakang” dan (2) bagaimana keterkaitan antara general research question dan specific research questions atau diantara specific research questions;
  3. Hasil analisis “rumusan masalah penelitian” dipaparkan dalam suatu matriks seperti berikut ini.

No

Analisis

Skripsi

Thesis

1.

Normatif-Kebijakan-Regulasi

2.

Empiris

3.

Konsep-Teori

4.

Keterkaitan antara GRQ-SRQs

5.

Keterkaitan diantara SRQs

Matriks dikirim melalui email kepada Dosen Praktikum pada waktu yang telah ditetapkan;

Secara individu mahasiswa menulis “rumusan masalah penelitian” dalam Bab Pendahuluan yang meliputi: “Latar Belakang”; “Perumusan Masalah”; dan “Tujuan Penelitian”.

Praktikum di Kelas

  1. Pengantar Dosen Praktikum (5 menit);
  2. Kelompok Kecil (KK) mahasiswa mempresentasikan matriks hasil analisis kelompok terhadap skripsi dan thesis (45 menit);
  3. Dalam KK sesuai dengan thematik, masing-masing mahasiswa membaca, menelaah, dan mengomentari tulisan “rumusan masalah penelitian” rekan dalam KK-nya dan hasilnya ditulis dalam bentuk format Ppt (30 menit);
  4. Dari setiap KK sesuai dengan thematik, dipilih salah satu mahasiswa untuk mempresentasikan hasil telaahannya (30 menit);
  5. Evaluasi akhir praktikum oleh Dosen Praktikum (10 menit)
  6. Tugas individu dan telaahan dalam kelas dikumpulkan kepada Dosen Praktikum; dan
  7. Masing-masing mahasiswa memperbaiki tulisan “rumusan masalah penelitian” kemudian dikirim melalui email kepada Dosen Praktikum.

BAHAN BACAAN:

  1. Ruspita, Adelia. 2012. Hubungan Jaringan Komunikasi dengan Perilaku Kewirausahaan Unit UMKM Binaan CDA IPB. Skripsi. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat – IPB. Bogor.
  2. Saputra, Yudi. 2011. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Komunikasi Partisipatif Fasilitator (Kasus PNPM Mandiri di Kota Bandar Lampung). Thesis. Program Studi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan – Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.
  3. Siwi, Mahmudi. 2012. Dinamika Politik Pemberdayaan dalam CSR (Studi Kasus Program CSR PT. Holcim Indonesia di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor). Thesis. Program Studi Sosiologi Pedesaan – Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.
  4. Sudarmanto, Abdillah Apri. 2010. Persepsi Komunitas Lokal terhadap Program CSR (Kasus Peserta Program Akuh Himung Petani Banua, PT Arutmin Site Satui, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan). Skripsi. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat – IPB. Bogor.
  5. Hamzah, Awaluddin. 2008. Respon Komunitas Nelayan terhadap Modernisasi Perikanan (Studi Kasus Nelayan Suku Bajo, di Desa Lagasa, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara). Thesis. Program Studi Sosiologi Pedesaan – Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.
  6. Susanto, Rofian Dedi. 2009. Analisis Perubahan Sosial dan Institusi Pengelolaan Sumberdaya Pesisir (Studi Kasus Masyarakat Suku Laut di Desa Airsena Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau). Skripsi. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat – IPB. Bogor.
  7. Hidayati, Ulfa. 2007. Gerakan Konservasi Perempuan Nyungcung: Hasil Interaksi antara Kemiskinan, Budaya Patriarkhi dan Pengaruh Ornop. Thesis. Program Studi Sosiologi Pedesaan – Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.
  8. Mediansyah, Sani Ramdan. 2009. Analisis Sosial Ekonomi Dampak Pencemaran Lingkungan di DAS Cikijing (Studi Kasus Rumahtangga Petani Desa Bojongloak, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat). Skripsi. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat – IPB. Bogor.
  9. Palit, Maria Anthoneta Paschalina. 2009. Status dan Peran Wanita Tani Etnik Papua dalam Pengambilan Keputusan Rumahtangga di Distrik Sentani Kabupaten Sentani, Provinsi Papua. Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan – Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.
  10. Yuwono, Pulung Anggi. 2012. Analisis Gender pada Program PUAP (Pengembanan Usaha Agribisnis Perdesaan) (Kasus Petani Lahan Kering Peserta Program PUAP di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat). Skripsi. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat – IPB. Bogor.

DOWNLOAD: Panduan Praktikum ke 6 Metodologi Penelitian Sosial – Perumusan Masalah

This entry was posted in Metodologi Penelitian Sosial and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply